Breaking News
Loading...
Thursday, 3 August 2017

Shalat taubat adalah shalat yang dilakukan/dikerjakan bagi-orang-orang yang menyesali perbuatan dosa yang telah dilakukan dan bersumpah tidak akan melakukan atau mengulangi perbuatan itu lagi.
Dalam Al-Qur'an banyak perintah untuk bertaubat. Agar taubatnya mencapai nasuha (yang sebenar-benarnya), maka adakalanya disertai dengan berpuasa, bersodaqoh maupun dengan shalat. Orang yang berbuat dosa kemudian isyaf dan ingin bertaubat yang sesungguh-sungguhnya, maka hendaklah shalat dua raka'at serta memperbanyak istigfar sebagai berikut:
أَسْتَغْفِرُاللَهَ الْعَظِيْمَ.الَّدِيْ لاَأِلهَ ألاَّهُوَالْخَيُّ الْقَيُّوْمُ وَاَتُوْبُ اِلَيْهِ
Astagfirullaahal'azhiim, alladzii laa ilaaha illa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaiih.
Artinya:
"Saya mohon kepada Allah yang maha Agung, dzat yang tiada Tuhan melainkan hanya Dia yang Maha Hidup lagi Berdiri Sendiri. Aku bertaubat kepada-nya".
Atau boleh membaca istigfar seperti di bawah ini:
اَللّهُمَّ اَنْتَ رَبِّىْ لآاِلَهَ اِلاَّاَنْتَ خَلَقْتَنِىْ وَاَنَاعَبْدُكَ وَاَنَاعَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ اَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّمَاصَنَتُ. اَبُوْءُلَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَىَّ وَاَبُوْءُبِدَنْبِىْ فَاغْفِرْلِيْ فَاِنَّهُ لاَيَغْفِرُالذُّنُوْبَ اِلاَّاَنْتَ
Allaahumma anta rabbi laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa ana
 abduka wa ana'alaa'ahdika wa wa'dika mastatha'tu a'uudzubika min syarri maa shana'tu. Abuu-ulaka bini'matika alayya wa abuu-u bidzambi faghfirlii fa innahu laa yaghfirudzdzunuuba illaa anta.
Artinya:
"Wahai Tuhanku, Engkau adalah Tuhanku, tiada yang patut disembah melainkan hanya Engkau, Engkaulah yang menjadikan aku dan adalah hambaMu, dan aku dalam ketentuan dan janjiMu yang Engkau limpahkan kepadaku dan aku mengakui dosaku, karena itulah ampunilah aku, sebab tidak ada yang dapat memberi ampunan melainkan Engkau wahai Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari kejahatan apa yang telah aku perbuat".

Cara Mengerjakan Shalat taubat:

  • Shalat taubat seperti shalat fardhu baik bacaannya maupun gerakannya,
Lafadz niat shalat taubat:
اُصَلِّىْ سُنّضةَالتَوْبَةِرَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى
Ushalli sunnatat taubati rak'ataini lillaahi ta'ala
Artinya:
"Saya niat shalat taubat dua rak'ataini lillaahi ta'aalaa".
  • Dikerjakan secara perorangan/sendiri.
  • Dikerjakan kapan saja lebih baik pada malamhari.
  • Dikerjakan paling sedikit dua raka'at dan paling banyak enam raka'at. Dan setiap dua raka'at satu salam seperti hadist Nabi dalam hal shalat sunnat.
  • Setelah selesai mengerjakan shalat taubat hendaknya membaca istighfar seperti di atas.

0 comments:

Post a Comment