Breaking News
Loading...
Monday, 28 August 2017


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
۞نَوَاقِضُ الوُضُوْءِ۞

وَيَنْقُضُ الْوُضُءَ خَمْسَةُ أَشْيَآء
١.. خُرُوْجِ شَيْءٍ مِنْ أَحَدِالسَبِيْلَيْنِ كَبَوْلِ وَغَائِطٍ (بَرَاز
٢.اَلنَّوْمُ عَلَى هَيْئَةٍ غَيْرِاْلمُتَمَكِّنِ مِنَ الأَرْضِ بِمَقْعَدِهِ أَمَّا النَّوْمُ عَلٰى 
هَيْعَةِ اْلمُتَمَكِّنِ فَلَا يُبْطِلُ اْلوُضُوْءَ
٣.زَوَالُ اْلعَقْلِ بِسُكْرٍ أَوْمَرَضٍ أَوْجُنُوْنٍ أَوْأِغْمَاءٍ
٤.لَمْسُ الرَّجُلِ اْلمَرْأَةَ اْلاَجْنَبِيَّةَ مِنْ غَيْرِ حَائِلٍ وَهُوَ نَاقِضٌ لِلاَّمِسِ وَاْلمَلْمُوْسِ وَلَوْكَانَ هُنَاكَ حَائِلٌ فَلَانَقْضَ حِيْنَئِدٍ
٥.مَسُّ فُرُجِ اْلآدَمِ بِبَطْنِ اْلكَفِّ وَهُوَ نَاقِضُ لِلّامِسِ دُوْنَ اْلمَلْمُوْسِ

Pembatalan Wudhu


Perkara yang membuat wudhu jadi batal ada lima perkara yaitu:

1. Keluarnya sesuatu dari salah satu kemaluan atau bokong
Jadi batal hukumnya wudhu jika ada sesuatu yang keluar dari salah satu tersebut, walaupun yang keluar yang tidak sewajarnya seperti biasanya, contoh yang keluar dari salah satu tersebut emas atau sebagainya, hukumnya tetap batal wudhunya karena ada yng keluar dari salah satu dua tersebut.

2. Karena Tidur
Batal wudhunya jika kita setelah wudhu kemudian tidur, berbagai perilaku tidur terkecuali orang yang tidurnya sambil duduk dan tidak bergerak sedikit pun, dan tidak pernah kebuka bokongnya sewaktu orang masih tidur.

3. Hilang akal
Batal wudhunya jika ada orang sesudah wudhu kemudian hilang akal, walaupun cuman sebentar, bisa karena gila, atau karena sakit, atau karena keracunan, jadi batal wudunya jika ada orang yang hilang akalnya walaupun sebentar saja.

4. Menempelnya anggota laki-laki dan anggota perempuan tanpa ada penghalang
Jadi batal hukumnya jika kita habis wudhu kemudian kita menyentuh anggota perempuan bagi laki-laki atau menyentuh anggota laki-laki bagi perempuan yang bukan muhrimnya.

5.Menyentuh bokong bangsa adam dengan telapak tangan
Jadi batal wudhunya jika kita abis wudhu kemudian kita nyentuh bokong orang atau bokong sendiri, yang di maksud bokong di sini, sekitar lubang bokong yang ada kulit kerutannya itu termasuk bokong yang membatalkan wudhu.

Kesimpulan:

Jadi batal hukumnya jika kita melakukan 5 hal di atas setelah kita wudhu, maka dari itu buat yang sudah mempunyai wudhu, maka jauhkan lah hal lima di atas karena jika salah satu yang lima di atas di lakukan maka batal wudhunya.
Sekian tentang Pembatalan Wudhu, semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan amin.
  1. RUKUN WUDHU 
  2. SUNAT WUDHU

0 comments:

Post a Comment