Breaking News
Loading...
Tuesday 8 August 2017

Info Post
Shalat Tahajjud adalah shalat yang dikerjakan pada waktu tengah malam antara shalat Isya' dan shalat subuh sesudah bangun tidur. Shalat sunnat tahajjud dikerjakan sekurang-kurangnya dua raka'at dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas (Setiap dua raka'at satu salam).
Lafadz niat shalat Tahajjud
اًصَلِئ سًنةَالتَهَجًدِ رَكْعَتَيْنِ لِلَهِ تَعَالَ
Ushalli sunnatat tahajjudi rak'ataini lillahi ta'aalaa.
Artinya :
"Saya niat shalat sunnat tahajjud dua raka'at karena Allah Ta'ala"

Adapun bacaannya :
  • Pada raka'at pertama setelah membaca surat Al-Fatihah membaca salah satu surat Al-Qur'an misalnya QS Al Baqarah ayat :284-286.
  • Pada raka'atkedua setelah membaca surat Al-Fatihah membaca salah satu surat Al Qur'an misalnya QS Ali Imran ayat : 16-17-18-19.
Jika ayat-ayat tersebut belumhafal membacanya, boleh membaca surat (ayat lain yang sudah hafal).
Setelah selesai mengerjakan shalat sunnat Tahajjud membaca do'a sebagai berikut :

اَللهًمَ لَكَ الْحَمْدًاَنْتَ قَيِمً السَمواتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِن ولَكَ الْحَمْدًلَكَ  مًلْكً السمواتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْحِن وَلَكَ الحَمْدًانْتَ نًوْرًالسمواتِ وَاْلاَرْضِ وَلَكَ الحَمْدًاَنْتَ الحقً وَوَعْدًكَ الْحَقُ ولقاؤكَ حَقٌ وقولك حق والجنة حق وَالنارُ حقٌ وَالنبِيُونَ حَقٌ وَمُحمدٌ صَلَى الله عليهِ وَسَلمَ حقٌ وَالساعةُ حق اَللهم لَكَ اسْلَمْتُ وَبِكَ امَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكلتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِليكَ حَاكمتُ فَاغْفِرْلِى مَاقَدَمْتُ وَمَااَخرْتُ وَمَااَسْرَرْتُ وَمَااَعْلَنْتُ اَنْتَ اْلمُقَدمُ وَاَنْتَ اْلمُؤَخرُلآاِلهَ 
اِلااَنْتَ وَلآاِله غَيْرُكَ وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوةَاِلاَبِالله
Allaahumma lakal hamdu anta qoyyimus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna walakal hamdu laka mulkus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna wa lakal hamdu nuurus samaawaati wal ardhi wa lakal hamdu antal haqqu wa wa'dukal haqqu, wallikaa-uka haqqu. Wa qauluka haqquw wal jannatu haqqu, wannaaru haqqu, wan nabiyyuna haqquw wa muhammadun shallallaahu'alaihi wa sallama haqquw was saa'atu haqqu. Allahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa'alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qaddamtu wamaa akhkhartu wamaa asartu wamaa'alantu antal muqaddimu wa antal mu'akhiru laa illaaha illaa anta wa laahaula walaa quwwata illaa billaah.

Artinya :
Ya Allah, Ya Tuhanku, hanya bagi Engkau segala puji-pujuian, Engkau penegak langit dan bumi, dan alam semesta serta isinya. Dan hanya kepada Engkau segala puji-pujian, hanya bagi engkau-lah kerajaan langit dan bumi dan yang ada didalamnya. Dan hanya bagi Engkau-lah segala puji, cahaya langit dan bumi, dan hanya bagi Engkau segala puji. Engkaulah yang baik. dan janji Mu adalah benar, dan bertemu dengan Engkau adalah benar, dan firmanMu adalah benar, dan surga itu adalah benar, dan Nabi Muhammad saw adalah benar, dan hari kiamat itu adalah benar. Ya Allah, Ya Tuhanku, hanya bagi Engkau aku Islam, dan dengan Engkau aku beriman, dan hanya kepada Engkau aku berserah diri, dan kepada Engkau aku kembali, dan hanya kepada Engkau aku rindu, dan kepada Engkau aku berhukum, ampunilah aku atas kesalahan (dosa) yang lautan yang akan datang, dan dari dosa yang samar dan yang nyata, Engkau Tuhan yang terdahulu dan Tuhan yang terakhir, tidak ada yang disembah hanya Engkau. Dan tidak ada daya upaya, dan tidak ada kekuatan kecuali dengan pertolongan Engkau.

Kemudian membaca istigfar (mohon ampun) sebagai berikut :

اَسْتَغْفِرُالله الْعَظِيْمَ وَأَتُوْبُ اِلَيْهِ
اَللهمَ اَنْتَ رَبِىْ لآاِلهَ اِلااَنْتَ خَلَقْتَنِى وَاَنَا عَبْدُكَ وَاَنَاعَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ اَعُوذُبكَ مِنْ شَرمَاصَنَعْتُ
اَبُوْءُلَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَىَ وَاَبُوْءُبِدَنْبِى فَاِنهُ لاَيَغْفِرُالذنوْبَ اِلااَنْتَ
Astagfirullaahal'adziim wa atubu ilaihi. Allaahumma anta rabbi laa ilaaha illa anta khalaqtanii wa anaa abduka, wa anna alla'ahdika wawa'dika mastatha'tua'uudzubika min sarrimaa shana'tu abuu-ulaka bini'matika alayya, wa abuu ubidzambi fagfirli, fa innahu laa yagfirudz dzunuuka illaa anta.

Artinya :
Saya mohon perlindungan Mu serta janjiMu apa yang dapat saya lakukan, saya mengakui kenikmatan yang telah Engkau limpahkan kepada saya, dan saya mengakui akan dosa saya, karena itu berilah ampunan kepada saya, maka sesungguhnya tidak ada yang memberi pengampunan kecuali Engkau.

0 comments:

Post a Comment