Breaking News
Loading...
Tuesday 15 August 2017

Info Post
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Dalam umat Islam semua Tindakan ada do'a nya seperti do'a sebelum makan, kenapa umat Islam sebelum makan harus berdo'a? Karena agar semua yang kita makan bermanfaat dan menjadi Ibadah buat kita, karena ternyata dalam Islam makan saja bisa menjadi ibadah dan yang pasti mendapatkan pahala yang besar yang tidak ternilai oleh apa pun jika sebelum makan kita berdo'a terlebih dahulu dan juga sesudah makan.

Do'a Sebelum Makan



اَللهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَكْتَنَا. وَفِنَا اَذَابَ لنَّارِ

"Allahumma baarik llanaa fiima razaqtanaa wakinaa adzaa ban'narr"

Artinya:
Ya Allah, berikanlah rezeki yang engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Penjelasan:
Dalam umat Islam sebelum makan kita diharuskan berdo'a terlebih dahulu agar yang di makan itu benar-benar rezeki kita, dan mohon perlindungan dari siksa neraka, dalam artian karena setan biasanya akan masuk dalam tubuh kita di saat kita makan, karena itu dalam Umat Islam sebelum makan kita di haruskan membaca do'a terlebih dahulu agar kita di pelihara oleh Allah dari setan-setan yang mengajak kita masuk ke api Neraka.

Karena semua makanan yang kita makan itu sebenarnya tidak memiliki kekuatan alias tidak membuat perut kita kenyang, yang mengenyangkan perut kita hanyalah Allah SWT. Karena itu, maka umat islam di anjurkan sebelum makan berdo'a terlebih dahulu supaya kita di beri rezeki alias kekuatan untuk bisa beribadah kepada Allah SWT.
Begitu juga sebelum makan harus berdo'a dan sesudah makan juga harus berdoa agar makan kita di jaga dari godaan setan yang terkutuk dari awal sampai akhir.

Do'a Sesudah Makan




اَلْحَمْدُللهِ اَلَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَنَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

"Alhamdu lillahhil-lazdi ath-amanaa wa saqaana waja'alanaa minal muslimiin".

Artinya:
Segala puji bagi Allah yang memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami memeluk agama Islam.

Keterangan:
Sesudah kita di beri biasanya kita akan mengucapkan terimakasih, begitu juga, setelah kita makan maka kita harus memuji Allah karena kita sudah di beri makan dan minum serta kita masih memeluk agamanya. 

Karena sesungguhnya semua yang kita makan atau kita miliki dalam dunia ini hakikatnya hanyalah pemberian Allah semata, maka dari itu, kita di anjurkan untuk bersyukur atas apa nikmat yang telah di berikan kepada kita.

Kesimpulan:
Semua sesuatu yang akan kita lakukan sebaiknya berdoa terlebih dahulu, agar semua yang kita lakukan menjadi ibadah.

0 comments:

Post a Comment