Breaking News
Loading...
Saturday, 26 August 2017


Assalamu'alaikum Wr. Wb. sahabat Islam semuanya kali ini saya akan menerangkan tentang rukun wudhu.
Rukun adalah sesuatu yang wajib kita lakukan, jadi dalam wudhu kita harus mengetahui rukun wudhu, karena jika salah satu rukun wudhui tersebut tidak terlaksanakan maka wudhu-nya tidak jadi atau tidak sah, jika wudhu tidak sah maka perkara yang bersangkutan dengan wudhu juga tidak jadi atau tidak sah seperti sholat, 

Rukun Wudhu

Rukun wudhu jumblahnya ada ada enam


وَفُرُوْضُ الْوُضثوْءِ سِتَةٌ
Rukun wudhu/fardhu wudhu ada enam. Di antaranya:

1.Niat
Lafadz niat wudhu:
نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ  الْاَصْغَرِ فَرْضً لِلهِ تَعَالَى
Aku niat Wudhu menghilangkan hadas kecil karena Allah Ta'alaa.
Pengertian: Jika Anda mau berwudhu maka Anda wajub untuk mengucapkan niat tersebut, jika Anda tidak mengucapkan niat maka wudhu Anda tidak jadi atau tidak sah, pelaksanaan niat ketika Anda membasuh muka, dan ucapkan niat tersebut dalam hati Anda.

2. Membasuh Wajah
اَنِّيَّةُ. فَتَنْوِى بِقَلْبِكَ رَفْعَ الْحَدَثِ
Penjelasan: kedua rukun wudhu adalah membasuh muka, jadi membasuh muka dalam wudhu wajib hukumnya, jika membasuh muka di tinggalkan maka wudhu Anda tidak jadi atau tidak sah, ukuran wajah yang harus terkena air dari atas mulai timbulnya rambut, sampai bawah dahu, dari samping batas telinga kiri sampai telinga kanan, itu ukuran wajah yang harus terkena air.

3. Membasuh Kedua Tangan


غَسْلُ الْيَدَيْنِ مَعَ الْمِرْفَقَيْنِ
Penjelasan: rukun wudhu yang ke tiga yaitu membasuh kedua tanganو  jadi wajib hukumnya Anda membasuh kedua tangan jika berwudhu jika hal tersebut Anda tinggalkan maka wudhu Anda tidak jadi atau tidak sah. Ukuran yang harus dibasuh dari ujung tangan sampai Sendi tangan.

4. Membasuh Sebagian Kepala (Rambut)
مَسْحُ بَعْضِ الرَّأْسِ مِنْ بَشَرِهِ أَوْشَعْرِهِ الَّذِيْ فِىْ حَدِّهِ
Penjelasan: Rukun Wudhu yang ketiga adalah membasuh sebagian kepala/rambut, walaupun hanya sehelai rambut. Jadi wajib hukumnya dikala wudhu Anda membasuh sebagian kepala atau rambut.

5. Membasuh kedua kaki
غَسْلُ الرِّجْلَيْنِ مَعَ الْكَعْبَيْنِ
Penjelasan: Rukun wudhu yang ke lima adalah membasuh kedua kaki, ukuran kaki yang harus Anda basuh sampai mata kaki.

6. Tertib atau Berurutan 
اَلتَّرْتِبُ فِىْ أَفْعَلِ الْوُضُوْءِكَمَا ذَكَرْنَا
Penjelasan:  Rukun wudhu yang terakhir adalah Tertib alias berurutan, jadi hal di atas harus berurutan dari mulai 1-6, tidak boleh saling mendahulukan antara No 1 dengan yang lainya.
Jadi walupun Anda melakukan rukun wudhu yang 6 tersebut, tetapi Anda melakukannya tidak berurutan maka wudhu Anda tetap tidak jadi atau tidak sah.

Kesimpulan:
Rukun wudhu semuanya ada 6, jadi dalam wudhu yang 6 tersebut tidak boleh ketinggalan satu pun, jika ada salah satu dari ke 6 tersebut Ada yang tidak Anda lakukan dalam berwudhu, maka wudhu Anda tidak jadi atau tidak sah. Sedangkan jika Anda melakukan wudhu karena akan melakukan sholat, maka sholatnya juga tidak jadi atau tidak sah, karena Anda wudhunya tidak jadi atau tidak sah. Maka bagi sahabat Islam semuanya kita harus memahami rukun wudhu tersebut agar wudhu kita sah dan di terima oleh Allah SWT amin. Sekian tentang keterangan Rukun Wudhu semoga bermanfaat amin.

0 comments:

Post a Comment