Breaking News
Loading...
Sunday 3 September 2017

Info Post
Assalamu'alaikum Wr. Wb. Sahabat Islam semuanya, bahwa kita sebagai umat Islam harus mengetahui Rukun Islam itu ada berapa dan harus kita amalkan dan kerjakan sebagai umat Islam, karena jaman sekarang sudah banyak yang katanya Islam tetapi belum mengetahui Rukun Islam ada berapa? Karena dari itu, mari kita pelajari lagi dengan seksama, jaman sekarang apalagi generasi muda, banyak yang tidak tahu berapa Rukun Islam tersebut, padahal itu adalah hal yang wajib kita ketahui sebagai umat Islam.





فصل أركان الاسلام
خمسة
 شهادة أن لااله الاالله وأن محمدارسول الله
 واقام الصلاة 
وايتاء الزكاة 
وصوم رمضان
 وحج البيت من استطاع اليه سبيلا

Rukun Islam jumlahnya ada lima yaitu:

  1. Membaca Sahadat 
  2. Mengerjakan Sholat
  3. Mengeluarkan jakat 
  4. Puasa di bulan ramadhan
  5. Melaksanakan ibadah haji bagi orang yang sudah mampu
Kesimpulan:
Wajib hukumnya bagi semua umat Islam untuk mengetahui Rukun Islam dan melaksanakannya, jika ada seseorang yang mengatakan bahwa dia umat Islam tetapi dia belum mengerjakan rukun Islam tersebut, maka beliau belum termasuk agama Islam secara hukum sar'i, walaupun secara hukum Negara beliau sudah termasuk agama Islam.
Pertama Rukun Islam adalah membacakan dua kalimat sahadat اشهد أن لااله الاالله وأن شهد ان محمدارسول الله yang artian bahwa kita harus percaya bahwa tiada tuhan selain Allah dan percaya bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.
Yang kedua melaksanakan sholat, sebagai umat Islam maka wajib hukumnya melaksanakan sholat yang 5 waktu, karena sebab itulah jika ada umat Islam yang tidak mengerjakan sholat maka beliau akan mendapatkan siksa api Neraka yang sangat pedih.
Rukun Islam yang ke tiga adalah mengeluarkan jakat dari sebagian hartanya, Umat Islam di ajarkan bahwa jangan serakah dalam hal duniawi, jika kita di beri harta melimpah oleh Allah maka kita jangan lupa untuk mengeluarkan zakat dari sebagian harta yang kita punya, karena dalam Islam zakat adalah di ibaratkan membersihkan kotoran dari harta kita dan dengan demikian harta yang kita dapat ada dalam ridho Allah SWT.
Rukun Islam yang ke empat adalah mengerjakan puasa di bulan ramadhan, Wajib berpuasa hukumnya pada umat Islam di bulan Ramadhan seperti yang sudah kita ketahui sekarang, Puasa puasa adalah menghilangkan penyakit dan racun yang berada dalam tubuh kita.
Rukun Islam yang kelima yang terakhir adalah melaksanakan ibadah haji, tapi hal ini hanya di wajibkan bagi orang-orang yang sudah mampu dalam segalanya, penjelasan lengkapnya bisa kita pelajari di bab haji selanjtunya.

  1. PEMBATALAN WUDHU 
  2. RUKUN SHOLAT 
  3. RUKUN WUDHU
  4. RUKUN/FARDHU MANDI BESAR 
  5. SUNAT MANDI BESAR
  6. SUNAT WUDHU 

0 comments:

Post a Comment