Breaking News
Loading...
Sunday 20 August 2017

Info Post
Shalat istikharah adalah shalat yang bertujuan untuk mendapatkan petunjuk dari Allah SWT atau mohon di pilihkan salah satu diantara dua hal (perkara) atau lebih untuk menghilang kan kebingbangan hingga hati kita menjadi mantap tidak timbul rasa kecewa di kemudian hari. Misalnya :
  1. Untuk memilih pekerjaan
  2. Untuk memilih pasangan hidup (jodoh)
  3. Untuk memutuskan suatu perkara dan lain-lain
Tentunya Shalat istikharah yang kita lakukan hanya untuk memohon petunjuk agar tidak menyimpang dari aturan atau ketentuan Syar'i (Syariat agama). Selain itu shalat istikharah tidak untuk memilih antara halal dan haram. Sebab itu perkara tersebut perlu dilakukan shalat istikharah.
Agar kabar baik yang kita proleh dari Allah SWT itu mudah kita dapatkan, maka lakukan langkah-langkah sebagai berikut ini :
  • Puasa sunat sebelum kita melakukan shalat istikharah.
  • Banyak shedeqah  dan melakukan amal sholeh.
  • Sebelum melakukan shalat istikharah memperbanyak bacaan istigfar.
  • Sebelum shalat istikharah ucapkan niat terlebih dahulu.
Lafadz niat shalat istikharah :

Niat Shalat Istikharah


اُصَلِّى سُنَّةََاْلأِسْتِخَارَةِرَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَ
Ushalli sunnatal istikhaarati rak'ataini lillaahi ta'aalaa.
Artinya :
Saya niat shalat istikharah dua raka'at karena Allah Ta'ala.
  • Dalam melakukan shalat istikharah hendaknya usahakan sekhusyuk-khusyuknya.
  • Setelah selesai melakukan shalat istikharah bacalah do'a ini :

Do'a shalat Istikharah


اَلّلهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ اْلعَظِيْمِ.فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلأَاَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ.اَللّهمَّ انْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هَذَااْلأَمْرَخَيْرٌلِى فِىْ دِيْنِى وَمَعَاسِىْ وَعَاقِبَةِاَمْرِىْ فَقْدُرْهُ لِى وَيَسٍّرْهُ لِى شُمَّ بَارِكْ لِى فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هَذَااْلاَمْرِشَرٌّ لِى فِى ديْنِى وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِاَمْرِىْ فَصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِىْ عَنْهُ وَاقْدُرْلِى اَلْخَيْرَثُمَّ اَرْضِنِىْ بِهِ

Allaahumma innii asta-khiiruka bi'ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as'aluka min fadhikal azhiim, fainnaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta'lamu wa laa a'lamu wa anta'allamul ghuyuub. Allaahumma in kunta ta'lamu anna haadzal amra khairun lii fii diinii wa ma'aasyii wa'aaqibatu amrii faqdurhu lii wa yassirhu lii, tsumma baariklii fiihi wa inkunta ta'lamu anna haadzal lii fii diinii wa ma'aasyii wa'aaqibatii amri fash rifhu anni washrifnii anhu waqdurliyal khaira tsumma ardhinii bihii.

Artinya :
"Ya Allah sesungguhnya aku mohon petunjuk-Mu yang baik dengan pengetahuan-Mu, dan aku mohon kekuatan dengan kekuatan-Mu, dan aku mohon kemurahan-Mu yang luas, karena sesungguhnya Engkau Maha Kuasa dan aku tidak memiliki kekuasaan itu, lagi pula Engkau mengetahui yang ghaib-ghaib, dan bila Engkau tahu sesungguhnya hal ini baik bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan masa depanku, maka pastikan dia padaku dan mudahkanlah dia padaku, kemudian berikan berkah padanya. Dan Engkau mengetahui bahwasanya kejahatan bagiku, buat agamaku, buat hidupku, dan buat hari kemudianku, makajahukanlah dariku, dan jauhkan aku darinya, dan berilah aku kebaikan padaku, dimana saja aku berada, kemudian jadikanlah aku orang yang ridho dengan pemberian itu".
  • Shalat istikharah perlu diulang-ulang agar mendapat petunjuk kabar yang baik dan memantapkan hati dan pikiran.
  • Sebaiknya shalat istikharah dilakukan pada malamhari, dirangkai dengan shalat tahajud.
  1. DO'A SEBELUM MAKAN 
  2. DO'A SEBELUM TIDUR 
  3. DO'A SHALAT HAJAT 
  4. DO'A SHOLAT DHUHA 
  5. DO'A SHOLAT TAHAJUD 

0 comments:

Post a Comment