Breaking News
Loading...
Thursday, 10 August 2017

Shalat Tasbih adalah shalat yang dikerjakan dan bertujuan memperbanyak memahasucikan kepada Allah SWT. Waktu mengerjakannya boleh siang hari maupun malam hari. Dan jumlah bilangan raka'atnya ada empat raka'at dengan satu salam, dan apabila dikerjakan pada malam hari setiap dua raka'at satu salam.
Dalam suatu hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud, Ibnu Majah dan Ibnu Huzaimah, bahwasanya, shalat tasbih itu dapat dikerjakan pada tiap hari, malam atau siang, maka hendaknya dikerjakan sebulan sekali, jika tidak dapat hendaknya dikerjakan setahun sekali, dan jika masih tidak apat hendaknya dikerjakan seumur hidup sekali.
Bacaan tasbih pada shalat tasbih yang jumlah empat raka'atnya sebanyak 300 kali atau setiap raka'at sebanyak 75 tasbih.
Bacaan tasbih :
سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُلِلهِ وَلآَاِلهَ اِلاَّاللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ. وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَاِلاَّبِاللهِ اْلعَلِىِّ اْلعَظِيْمِ
Subhaanallaahi wal hamdulillaahi wa laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar. Wa laa haula wa laa quwwata illaa billaahil'aliyyil'azhiim.
Artinya :
"Maha suci Allah dan segala puji bagi Allah, tiada Tuhan yang patut disembah melainkan hanya Allah, Allah maha besar, dan tiada daya serta kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah Dzat yang Maha tinggi lagi Maha Agung".
Shalat tasbih dikerjakan sebanyak empat raka'at, bacaan dan gerakannya sama dengan shalat fardhu, hanya setiap bacaan dan gerakan ditambah dengan bacaan tasbih.
Lafadz niat shalat tasbih :
اُصَلِّى سُنَّةَالتَّسْبِيْحِ رَكْعَتَيْنِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلهِ تَعَالَ
Ushalli sunnatat tasbihi rak'ataini (arba'a raka'atin) lillaahi ta'aalaa.
Artinya:
"Saya niat shalat tasbih dua raka'at (empat raka'at) karena Allah ta'ala.


Cara membaca tasbih pada shalat tasbih:
  1. Membaca tasbih 15 kali, pada roka'at pertama setelah membaca Al-Fatihah dan surat-surat lainnya.
  2. Membaca tasbih 10 kali, pada waktu ruku kemudian I'tidal.
  3. Membaca tasbih 10 kali, pada waktu I'tidal kemudian sujud.
  4. Membaca tasbih 10 kali, pada waktu sujud setelah membaca bacaan sujud.
  5. Membaca tasbih 10 kali, pada waktu duduk antara dua sujud, setelah membaca bacaan duduk antara dua sujud.
  6. Membaca tasbih 10 kali, pada waktu sujud.
  7. Membaca tasbih 10 kali, pada waktu akan berdiri atau setelah sujud kedua (duduk membaca tasbih) kemudian bangkit berdiri untuk meneruskan roka'at yang kedua dan seterusnya sehingga empat roka'at dengan jumlah 300 tasbih (75 tasbih setiap satu raka'at).

0 comments:

Post a Comment